Menu

Search Engine

Jumat, 15 April 2011

MACAM TARIAN JAPAN

MACAM TARIAN JAPAN


1. ODORI

    Seperti halnya negara kita yang punya berbagai macam budaya tradisional, maka di Jepang juga mereka punya kebudayaan tradisional yang unik dan berwarna warni,




   berbagai macam tarian tradisional Jepang seperti Kabuki, Bon Odori sampai dengan Mai. Tarian-tarian tersebut dapat ditarikan oleh sekelompok orang dari yang tua maupun yang muda, terutama Bon Odori yang ditarikan pada saat panen sebagai bentuk ucapan syukur kepada dewa, saat festival musim panen ditarikan secara kelompok yang besar dan seluruhnya pakaian tradisional Jepang.





    Ada pula yang khusus ditarikan sebagai bentuk doa dan penarinya orang2 terpilih di komunitas tersebut, oh ya ada juga bentuk tarian yang melibatkan penonton ??ah kalau yang satu ini lebih ekpresif sekali.

    Gerakan nya ada yang lemah gemulai, lambat, cepat atau gabungan dari element2 tadi.  Ada pula nama tarian tertentu yang seluruhnya bertempo lambat, sepertinya si Mai yach.


    Langkah kaki mereka juga sangat lemah lembut lambat dan ada 3 gerakan dasar yang terdapat pada kabuki yaitu gerakan memutar, gerakan tangan, dan gerakan kepala. Jadi setiap gerakan ada artinya bagaimana kalau menangis, bagaimana kalau gembira wah beda sekali dengan tarian tradisional Indonesia yang lebih energik.

      Selain topeng ada pula kipas merupakan salah satu instrument dalam menari di mana dapat mengambarkan kehidupan masyarakat Jepang, misalnya untuk mempresentasikan gerakan minum teh di cangkir besar atau cangkir kecil (nah perbedaan cangkir maka gerakan tariannya juga sangat berbeda), gerakan menulis surat dan memprensentasikan surat pun berbeda, gerakan yang paling megagumkan adalah gerakan kincir angin, bener2 acrobatik kipas. Selain itu gerakan hewan seperti burung, bangau, dari sedang jalan sampai terbang pun dipresentasikan dengan gerakan tari yang kalau diperhatikan bener2 seperti burung gitu?
Nah salah satu keunikan Kabuki selain tentunya pemainnya adalah pria, adalah pergantian busana yang terjadi di atas panggung





Last edited by clarissa Related Post

0 komentar:

Posting Komentar