Menu

Search Engine

Selasa, 17 Mei 2011

“Ingin Kenal Warga Indonesia Lebih Dekat”

(Jakarta-Indonesia)
    Duta Besar Jepang untuk Indonesia Katori Yoshinori menyatakan, ingin mengenal warga Indonesia lebih dekat, serta memperkuat hubungan baik antara Jepang dan Indonesia.



     Hal ini diungkapkan Dubes Katori saat diwawancarai The Daily Jakarta Shimbun di kantornya di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta Pusat.



     “Saya ingin memperkuat kerjasama di berbagai bidang selain ekonomi dan budaya, seperti bidang pemerintahan, politik, dan pendidikan,” ujar Dubes Katori. “Saya juga ingin bertemu dan mengenal banyak warga Indonesia, serta memiliki pengalaman yang tak terlupakan disini.”



       Dubes Katori juga menyatakan sangat terkejut dengan kebaikan warga Indonesia, meskipun dirinya baru saja menjabat di Jakarta.



        “Saya sangat terkejut dengan kebaikan hati warga Indonesia. Mereka selalu baik terhadap semua orang, bahkan memperlakukan saya seperti keluarga sendiri,” ujar Dubes Katori. “Oleh karena itu, saya ingin sekali mengenal banyak warga Indonesia dari berbagai kalangan.”



       Selain itu, Dubes Katori juga mengaku sangat terkejut dengan minat Indonesia terhadap budaya pop Jepang.



       “Banyaknya acara kebudayaan dan cosplay menandakan digemarinya budaya pop Jepang di Indonesia. Namun, saya pikir akan sangat baik jika warga Indonesia juga mengetahui budaya tradisional Jepang, seperti Kabuki,” ujar Dubes Katori. “Oleh karena itu, saya berencana untuk memperkuat hubungan yang telah terjalin antara Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Indonesia, tidak hanya dalam budaya pop, tapi juga budaya tradisional kedua negara.”



     Dalam kesempatan yang sama, Dubes Katori juga mengungkapkan harapannya untuk pelaksanaan Jakarta Japan Matsuri selanjutnya.



      “Saya harap Jakarta Japan Matsuri tahun ini dapat berjalan lancar seperti dua tahun sebelumnya. Saya juga mengharapkan pendapat dari berbagai pihak agar acara ini dapat menarik bagi warga negara Jepang maupun Indonesia,” ujar Dubes Katori.



       Sebelum mengakhiri wawancara, Dubes Katori menyampaikan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak yang telah banyak membantu terciptanya hubungan baik antara Jepang dan Indonesia.



      “Hubungan Jepang dan Indonesia yang telah terjalin dengan baik ini, tidak terlepas dari peran serta pengusaha, pelajar, budayawan, dan perawat Indonesia yang pernah mengunjungi Jepang dan menanamkan nilai-nilai saling menghargai kepada warga Jepang,” ujar Dubes Katori. “Saya pun sebagai warga Jepang di Indonesia ingin melakukan hal yang sama untuk mempererat hubungan Jepang dan Indonesia.” (AN/JS)




Related Post

0 komentar:

Posting Komentar