Menu

Search Engine

Sabtu, 25 Juni 2011

K, Komputer Paling Cepat Sejagat ( 2011 )


Jepang Berulah,
Konferensi Internasional Superkomputer
ke 26 di Hamburg, Jerman, telah meresmikan “K” sebagai super komputer tercepat di dunia.

    Rangking ini diumumkan tanggal 20 juni 2011 pada Konferensi Internasional. Meskipun Jepang sebagai pemenang, 
Amerika Serikat masih dominan dalam daftar super komputer tersebut dengan /Oak Ridge National Lab's Jaguar/ yang  menempati posisi ke-3 dan /Nasa's Pleiades SuperComputer/ yang berada di urutan 7 daftar.

Rangking ini diselenggarakan 2 tahunan sekali.


        Dengan dibuatnya Superkomputer bernama "K" buatan Fujitsu menjadi juara dalam kompetisi komputer tercepat. Berada di urutan kedua dalam lomba yang diikuti 500 peserta itu adalah Tianhe-IA dari National Supercomputing Center in Tianjin, Cina, dan tempat ketiga diraih produk buatan Oak Ridge National Laboratory, Tennessee, Amerika Serikat.

Ini mesin yang sangat mengesankan dan lebih kuat daripada komputer lain, kata Jack Dongarra, profesor teknik elektro dan ilmu komputer dari
University of Tennessee.

Menurut Dongarra, komputer K mampu menghitung sampai 8,2 quadrillion atau 8,2 petaflops per detik. Kemampuan ini, kata Direktur Innovative Computing Laboratory ini, setara dengan menghubungkan sekitar 1 juta komputer desktop secara bersamaan.

Memang, dalam lomba tersebut, komputer buatan Jepang ini memiliki kinerja tiga kali lebih cepat dibanding superkomputer milik Cina. Setiap komputer diminta menjalankan standar persamaan matematika.

Komputer K rencananya digunakan untuk simulasi gempa bumi, pemodelan iklim, penelitian nuklir, serta pengembangan dan pengujian senjata. Komputer tersebut juga dapat dipakai untuk mengeksplorasi minyak dan menghitung perdagangan saham yang cepat.
 
Untuk membangun sebuah komputer yang supercepat dibutuhkan biaya dan ribuan komputer kecil yang saling terhubung dalam sebuah pusat data. 


Komputer K dibangun dengan 672 lemari yang penuh dengan papan sistem. Yang menyimpan 68.544 CPU yang terkoneksi satu sama lain, komputer raksasa ini adalah hasil kerjasama Fujitsu, perusahaan teknologi informasi terbesar di Jepang dengan RIKEN, salah satu institut riset teknologi terkemuka di Jepang.

Nama yang diberikan kepada super komputer ini sangatlah sederhana, yaitu “K” yang diambil dari kata “Kei” (京) yang berarti nominal sebanyak 10 peta (10.000.000.000.000.000).

一京 = ikkei = 10^16
十京 = juukei = 10^17
百京 = hyakkei = 10^18
千京 = senkei = 10^19



Di Jepang, Kei memiliki banyak arti dan berbagai macam gaya penulisan.

Intinya, 
Bayangkan kamu bisa nonton 10 juta film sekaligus dalam 1 layar komputer di rumah kamu dengan lancar :D


Penasaran,
Cekidot Dagh VideoNya:




Related Post

0 komentar:

Posting Komentar